SELAMAT DATANG DI BLOG FARM LELE SANGKURIANG DRAMAGA

MAAF UNTUK SEMENTARA LELE OFF DULU

animasi

Rabu, 24 Maret 2010

Nasrudin, Bapak Lele Sangkuriang

Senin, 21 Desember 2009 | 10:19 WIB
KOMPAS/FX PUNIMAN

KOMPAS.com - Kecebong, anak kodok, muncul di kolam, membuat Nasrudin gembira karena dia mengira kecebong itu anak ikan lele. Kegembiraannya itu sirna dan dia tersipu malu ketika diberi tahu bahwa yang dikira anak ikan lele itu adalah kecebong. Kodok betina yang masuk ke kolam tanpa diketahui, bertelur dan menetas bersama dua indukan ikan lele betina dan seekor jantan.

Itu pengalaman pertama Nasrudin (61) sejak delapan tahun lalu saat belajar beternak ikan lele.

”Kecebong disangka anak lele. Ngerakeun pisan (sangat memalukan),” kata Nasrudin, menuturkan awal usahanya menjadi peternak ikan lele delapan tahun lalu, di Saung Pertemuan Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Jaya Sentosa, awal November lalu. Saung itu berdiri di tepi puluhan kolam ikan lele yang terbuat dari terpal dan tembok di lahan seluas 12.000 meter persegi di Kampung Sukabirus, Desa Gadog, Kecamatan Mega Mendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kini, dia tak lagi dipermalukan atas ketidaktahuannya. Nasrudin sudah tersohor berkat lele sangkuriang yang mulai dikembangbiakkan pada 2001. Dia mengawali usaha beternak lele dengan benih sekitar 100.000 lele sangkuriang yang diperoleh dari Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar Sukabumi. Nama sangkuriang yang diberikan itu memang diambil dari legenda Tanah Pasundan untuk menandakan lokasi asal pembiakan lele jenis tersebut.

Lele sangkuriang ini merupakan perbaikan genetik melalui silang balik antara induk betina lele dumbo generasi kedua (F2) dan jantan lele dumbo generasi keenam (F6). Induk betina (F2) berasal dari keturunan kedua lele dumbo yang diintroduksi ke Indonesia pada 1985.

Petugas penyuluh pertanian dan perikanan setempat memberikan bimbingan beternak ikan secara benar. Berkat ketekunannya, Nasrudin berhasil mengembangkan ikan lele sangkuriang.

Dia kini sudah menjadi ”pendekar lele”, bukan saja mahir dalam membesarkan lele dengan jurus-jurus yang jitu, tetapi juga mampu mengobati lele yang diserang penyakit, seperti radang kulit, dengan obat herbal ramuannya sendiri. Obat ini diberikan cuma-cuma kepada yang memerlukan.

”Letkol”

Sejak 2005, dia menjadi pelatih bagi kelompok dari sejumlah daerah, termasuk sejumlah karyawan perusahaan swasta dan pemerintah menjelang pensiun yang ingin beternak lele. Namanya pun sohor menjadi ”Nasrudin Lele” dari Desa Gadog. Bahkan, kalangan pembudidaya lele dan warga setempat menjuluki Nasrudin dengan sebutan Bapak Letkol—akronim dari Lele Kolam yang dipelesetkan menjadi Letkol—sehingga dia kemudian disebut ”Letkol” Nasrudin.

Petani lele sangkuriang dari Desa Gadog ini kini lebih jauh berangan-angan membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran dengan memelihara lele. ”Budidaya lele tidak terlalu sulit, teknologinya juga mudah dan tiga bulan sudah bisa dipanen. Masyarakat kecil bisa membudidayakan lele di halaman rumahnya. Cukup dengan lahan minim, hanya dengan luas 1 meter x 1 meter, serta modal Rp 75.000 untuk bibit dan pakan, sudah bisa beternak lele skala kecil,” kata Nasrudin.

Dia tak segan-segan membagi pengetahuan memelihara lele secara benar kepada mereka yang ingin membudidayakan lele. Dia juga siap membantu mereka yang datang menimba ilmu di P4S Gadog tanpa dipungut biaya.

Sejumlah petugas penyuluh pertanian dan perikanan serta pakar perikanan pun mendukung kegiatan Nasrudin membudidayakan lele sangkuriang dan melakukan pelatihan. Dukungan ini membuat Nasrudin bersemangat dan bertambah yakin akan angan-angannya untuk menjadikan Desa Gadog sebagai sentra budidaya lele sangkuriang.

Bahkan, 7 September lalu, Nasrudin diangkat menjadi Ketua Gabungan Kelompok (Gapok) Budidaya Ikan Lele Sangkuriang ”Cahaya Kita” untuk wilayah tengah Provinsi Jabar dengan pusat aktivitas di wilayah Kabupaten/Kota Bogor.

1,5 juta benih

Nasrudin yang puluhan tahun sebagai petani padi dan kemudian beralih menjadi pembudidaya lele ini, bersama kelompok pembenih lele sangkuriang yang tergabung dalam Gapok Cahaya Kita, ingin memproduksi sekitar 1,5 juta benih lele sangkuriang setiap bulan untuk memasok anggota kelompok budidaya lele sangkuriang yang saat ini berjumlah sekitar 50 orang.

Dengan produksi benih sebanyak itu, kelompok budidaya/pembesar ikan lele sangkuriang diharapkan mampu memenuhi sebagian kebutuhan lele di wilayah Jakarta. Adapun kebutuhan lele di wilayah Jabotabek diperkirakan sekitar 75 ton sehari. Pemasoknya bukan saja berasal dari petani lele Jabar, tetapi juga dari Jawa Tengah.

”Saat ini boro-boro memasok ke Jakarta, untuk memenuhi kebutuhan konsumen di wilayah Kota/Kabupaten Bogor saja kekurangan. Kami peternak lele sangkuriang di daerah Gadog dan sekitarnya, meliputi Kecamatan Ciawi, Megamendung, dan Cisarua, baru mampu memproduksi sekitar 3 ton per hari dari kebutuhan sekitar 10 ton,” kata ”Letkol” Nasarudin. Dari kolamnya sendiri, Nasrudin baru mampu memasok sekitar 2 ton per minggu kepada pelanggannya. Lele sangkuriang dijual Rp 10.500-Rp 11.000 per kilogram.

Masa depan budidaya lele cukup cerah. Apalagi, menurut Muhamad Abduh Nur Hidayat, anggota staf Ditjen Perikanan Budidaya Departemen Kelautan dan Perikanan, ikan lele akan dijadikan komoditas ketahanan pangan. Konsepnya kini sedang disiapkan. Ikan lele saat ini sudah digemari oleh kalangan bawah sampai atas. Bahkan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga sempat mempromosikannya dengan menikmati ikan lele di kampung lele Boyolali, Jateng, tahun 2007.

Andil pedagang tenda pecel lele di Jabotabek dan daerah lainnya cukup besar dalam meningkatkan produksi ikan lele. ”Sekarang lele juga dijual di restoran, bahkan sampai ke daerah Kalimantan Barat yang dulu tak suka ikan lele,” kata Muhamad Abduh Nur Hidayat, penasihat Gapok Cahaya Kita.

Lele sangkuriang yang dirilis sebagai varietas unggul oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri pada 2004 ini lebih cepat dipanen dibandingkan jenis ikan lainnya dan tahan penyakit. Ukurannya lebih besar dibandingkan lele jenis lain. Dua bulan sudah bisa dipanen. Rasa dagingnya juga lebih gurih dibandingkan lele jenis lain. ”Karena itu, tak heran kalau lele sangkuriang disukai konsumen,” kata ”Letkol” Nasrudin.

36 komentar:

  1. sangat menarik sekali ingin rasanya tau dan kursus lagi lebih dalam,,,harus kemana dan mohon minta alamat pa Nasrudin nya , trims zack_merak@plasa.com (jajat)

    BalasHapus
  2. kemarin tgl 17 juni 2010 saya nonton acara tentang budidaya lele sangkuriang oleh bp Nasrudin, saya tertarik untuk mempelajarinya lebih dalam pak, Mohon informasinya dan alamatnya Bp Nasrudin. Terimakasih, (adeaditya@aol.com)

    BalasHapus
  3. budak_priangan@yahoo.com14 Agustus 2010 23.38

    asl..pak sy br mulai usaha yang sama, biar hasil panennya bagus kl boleh mohon informasinya,trmksh..

    BalasHapus
  4. saya ingin lebih tau ttg lele krn saya baru mau mencoba usaha lele... mohon informasi alamat n contact number bpk nasrudin tq..
    (mega_hwang@yahoo.com)

    BalasHapus
  5. SAYA JUGA LAGI COBA SEBAGAI PEMULA PEMBESARAN BUDIDAYA LELE DAN INGIN BELAJAR UNTUK PEMBENIHAN IKAN LELE. PERTANYAAN SAYA BAGAIMANA SOLUSI UNTUK PAKAN IKAN LELE SEHUBUNGAN HARGA PAKAN PELET SEKARANG MAHAL SEHINGGA BIAYA PRODUKSINYA KAYAKNYA GAK UNTUNG KALO PAKE PAKAN PELET. agusyudiaz@yahoo.co.id

    BalasHapus
  6. asep.sukmana.fattah@gmail.com29 September 2010 20.51

    Terimakasih Pak Nasrudin yang telah menerima rombongan kami Penyuluh Perikanan Kabupaten Bandung pada tgl 29 Sept 2010. Inginnya berlama-lama mengorek semua ilmu bapak perihal lele tapi waktu yg membatasi kami. Namun begitu semoga pengalaman dan ilmu bapak yang diberikan pada kami dapat bermanfaat dan dijadikan suatu amal sholeh oleh Allah SWT. Selamat berkarya dan succes selalu.Tak lupa juga pada rekan-rekan Penyuluh Perikanan Kab. Bogor terimakasih atas apresiasi dan bantuannya pada kami semoga kita dapat menambah para pelaku utama bidang perikanan seperti Bapak Nasrudin..lainnya Selamat bertugas kawan.. asep.sukmana.fattah@gmail.com

    BalasHapus
  7. saya mau tanya alamat jelas budidaya ikan lele pak nasrudin di bogor di mana yah ???saya sangat tertarik sekali
    ryanwachyu@ymail.com

    BalasHapus
  8. lele sangkuriang saya di daerah baturaden purwoketo, banyak yang mati, pengomposan udah dilakukan,tetapi untuk ramuan obat herbal yang bapak tulis di buku yang saya beli di gramedia..
    mohon bapak bisa memberikan cara membuat ramuan herbalnya...terima kasih..
    the2rc@yahoo.com

    BalasHapus
  9. Halo para Boss yth
    Bolehkah saya mengetahui alamat detai dan tepat dari Bapak "Letkol" Nasrudin
    Terimakasih dan salam hormat

    BalasHapus
  10. boleh minta alamat sm contact person pak nasrudin gak yah??tolong kirim ke (hatmarahman@yahoo.co.id)

    terimakasih banyak..

    BalasHapus
  11. Asslamu'alaikum Wr.Wb.

    Salam hormat,
    Untuk para pembudidaya lele dan ikan berikut ini saya sampaikan Produk Probiotik yang mampu menunjang dan membantu kesuksesan petani dalam berbudidaya ikan dan lele.
    Metode pemakaiannya cukup praktis dan harga ekonomis.

    Berikut katalog produknya :
    BioHarvest ARIAKE

    BioHarvest ARIAKE merupakan mikroorganisme D203 hasil penemuan dan penelitian para ahli dari Kyushu Medical., Co.Ltd. Japan. Bakteri D203 termasuk jenis Bacillus amyloliquefaciens, yang memiliki kemampuan mendukung pertumbuhan dan produktivitas budidaya perikanan, adapun fungsi utamanya yaitu : untuk mengatasi jamur/anti jamur, mengurai jenis lemak dan sisa hasil pakan dan sisa metabolisme ikan/lele, mengurangi jumlah bakteri Vibrio spp. dan menhilangkan bau. Selain membuat ikan/lele sehat, cepat besar, dan tahan terhadap penyakit, BioHarvest ARIAKE juga bermanfaat untuk membantu proses sterilisasi air dan menjaga kesuburan perairan.

    Manfaat BioHarvest Secara Umum :
    a.Lingkungan Perairan
    - Meningkatkan dominasi populasi bakteri dan plankton yang menguntungkan.
    - Mengatasi pencemaran akibat akumulasi bahan organik yang berlebihan di dasar kolam (mengurai lumpur organik secara biologis).
    - Membantu sterilisasi atau pembersihan sehingga menghilangkan bau dan memperbaiki lingkungan tambak/kolam.
    - Meningkatkan sumber nutrisi dalam tambak/kolam, sehingga meningkatkan daya dukung ekosistem perairan dan ramah lingkungan

    b.Pertumbuhan dan Perkembangan Ikan/Lele
    - Meningkatkan daya tahan tubuh ikan/lele
    - Menambah nafsu makan ikan/lele
    - Meningkatkan dan mempercepat pertumbuhan ikan/lele
    - Mempercepat waktu pemanenan

    c. Manfaat terhadap gangguan Hama dan Penyakit
    - Meningkatkan imunitas ikan/lele sehingga mencegah timbulnya penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus yang merugikan.
    - Mencegah dan mengurangi pertumbuhan bakteri Vibrio spp.

    d.Manfaat dari Aspek Ekonomis
    Dengan menggunakan produk BioHarvest ARIAKE akan memperkecil biaya/modal usaha budidaya ikan dan menghasilkan panen yang lebih maksimal.

    TS & Marketting :
    Hiqmat G, S.St.Pi (081381772094/08998563617)

    BalasHapus
  12. saya sangat tertarik dengan ternak lele, bisa kan saya untuk meminta alamat sangkuriang? terima kasih.
    nazareth1777@yahoo.com

    BalasHapus
  13. Saya ingin belajar beternak lele sangkuriang pada Bapak Nasrudin. mohon informasi bagaimana cara & prosedur untuk belajar pada beliau?
    Terima kasih atas perhatian dan mohon jawabannya.
    Emmy
    natadisastra_emmy@yahoo.com

    BalasHapus
  14. ikutan buka lapak, sedia benih ikan lele sangkuriang bibit unggul dengan ukuran Ukuran : 1-2cm(Rp.30), 2-3cm(Rp.50), 3-4cm(Rp.100), 5-6cm(Rp.150), 7-8cm(Rp. 200), 9-10cm(Rp.250) dan 11-12cm(Rp.300)/ekor. (Harga tsb ambil di lokasi Jl. terusan samolo kp.cijerah desa,sukasari kec.karangtengah, cianjur)

    bagi peminat yang serius dapat menghubungi lewat email di alamat deka.buzil@gmail.com

    BalasHapus
  15. bapak nasrudin yang terhormat, bagaimana caranya agar meminimalisir angka kematian lele yang diakibatkan adanya abu vulkanik merapi

    BalasHapus
  16. harga 1 paket induk lele sangkuriang yang F2 brapa?????

    BalasHapus
  17. harga 1 paket induk lele sangkuriang yang F2 brapa?????

    BalasHapus
  18. salam kenal,
    saya andika dari medan...
    saya ingin belajar budidaya lele secara langsung...
    mohon alamat pelatihannya dan berapa biayanya pak?
    atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

    e-mail: Andikamdn15@yahoo.com

    BalasHapus
  19. Salam Kenal
    Saya David
    Saya berminat bisa kasih alamat dan no hp bapak Nasrudin
    ini Email saya
    david_0809@ymail

    BalasHapus
  20. ass..pak letkol saya tertarik ingin mengikuti pelatihan ternak lele..almat saya d bdg selatan (pangalengan )...
    pak letkol saya minta no tlp sama alamat bpak.
    -berapa hari waktu yg dperlukan untuk pelatihan?
    -hari apa pelatihan di laksanakan?
    -berapa biaya yg dperlukan untuk pelatihan tsb?

    ini email saya yudi.wahyudi87@ymail.com

    timakasih n mohon bantuannya pak..
    wasalam...

    BalasHapus
  21. ass..pak saya tertarik ingin mengikuti pelatihan ternak lele..almat saya d subang (daerah pamanukan)...
    pak saya minta no tlp sama alamat bpak.
    -berapa hari waktu yg dperlukan untuk pelatihan?
    -hari apa pelatihan di laksanakan?
    -berapa biaya yg dperlukan untuk pelatihan tsb?

    ini email saya: manggunawan@gmail.com telpon. 085780336269

    BalasHapus
  22. pak saya tertarik ingin mengikuti pelatihan ternak lele..almat saya d bandung
    pak saya minta no tlp sama alamat bpak.
    -berapa hari waktu yg dperlukan untuk pelatihan?
    -hari apa pelatihan di laksanakan?
    -berapa biaya yg dperlukan untuk pelatihan tsb?

    ini email saya: nuahherijonta@gmail.com

    BalasHapus
  23. ass..pak nasruddin saya tertarik ingin bergabung dengan anggota peternak lele sangkuriang pimpinan bp dan mengikuti pelatihan ternak lele..almat saya di cimahi, sekarang sy sedang ternak lele di are 100 m2 sekitar 4 kwintalan
    pak letkol saya minta no tlp sama alamat bpak.
    -berapa hari waktu yg dperlukan untuk pelatihan?
    -hari apa pelatihan di laksanakan?
    ini email saya cdermaone@gmail.com / 081221719077
    timakasih n mohon bantuannya pak..
    wasalam...

    BalasHapus
  24. ass.ww.pak masrudin sy tertarik dgn lele sangkuriang dan ingn untuk menjadi anggota peternak yg mendapat pelatihan sy punya lahan kolam kr21500 m2 dan tdk berpungsi dgn baik bagaimana sy dptkan alamt bp atau no tlp/hp alamat saya email hidayat.sjtkrw@yahoo.co.id/mbl 0821 1296 8003 hatur nuhun mohon bantuannya ya pak.
    wasalm a.w

    BalasHapus
  25. ass,pa saya mau tanya..??
    1..kapan waktunya untuk pelatihan ikan lele sangkuriang di tempat bapa nasrudin.??
    2..biaya yang hareus dikeluarkan untuk mengikuti pelatihan brapa ya..??..(085724500749) (arrizal.best@gamil.com)..trimaksih..!!!

    BalasHapus
  26. kalau sy ingin buka peternakan lele di pekanbaru,riau dmn sy bs membeli bibitnya?klo sy bli di bpk nasrudin apakh bs dikirim?
    mohon jawabannya ke email saya di: asteaven@yahoo.com

    Terimaksh..

    BalasHapus
  27. pak, bisa minta alamat lengkapnya? saya mau belajar budidaya lele..
    tolong kirim ke email saya, thia.chronicles@gmail.com
    terimakasih..

    BalasHapus
  28. selamat sore,
    pak Nasrudin, sy (yeret) tertarik dgn lele sangkuriang dan mau segera mulai budidaya,untuk itu saya sangat ingin mengikuti pelatihan di tempat bpk, mhn informasi alamat, dan syarat untuk mengikuti pelatihan ini.
    email saya : epronn81@gmail.com

    salam sukses.

    BalasHapus
  29. Ass. Saya denny mau bertanya pak ?saya pemula dalam dunia perlelean, tapi saya disini dibidang pembesaran/lele pedaging, dari usia ukuran 7-8, bagai mana cara atau trik untuk mempercepat pembesaran lele dengan waktu yang relatif singkat namun penggunaan pakan minim/relatif sedikit.
    mohonbatuan dan masukannya pak ?

    BalasHapus
  30. mohon masukan bantuanya di post lewat email saya di alamat Denny46.boys@gmail.com

    BalasHapus
  31. Pak Nasrudin, saya ingin belajar pembudidayaan lele sangkuriang. Kalau bisa saya minta alamat e-mail dan no telepon Bapak untuk informasi lebih lanjut. Mohon balasannya ke e-mail saya di hidayat_bey@yahoo.com , mohon bimbingannya. terima kasih.

    BalasHapus
  32. UD. NABILA LELE

    Kami petani lele dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman. Kami menjual induk dan bibit lele sangkuriang berbagai ukuran. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau. Alamat : Jl. Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta.
    Bibit lele yang kami hasilkan adalah bibit lele berkualitas, telah terbukti dengan penanganan yang baik dan benar bibit lele hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan lele kami :
    Jenis : Sangkuriang (Sertifikat)
    Sistem : Intensif.
    Pemijahan : Alami.
    Sumber air : Air tanah / sumur.
    Kolam : Terpal dan semen
    Pakan : Cacing sutra.
    Pengangkutan:Dikemas dlm kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 17 jam.
    Kota tujuan : Seluruh Indonesia.
    Kapasitas pengiriman :
    UKURAN : KAPASITAS / Ekor / BOX :
    2-2 cm : 15.000.
    2-3 cm : 8.000.
    3-4 cm : 7.000.
    3-5 cm : 5.000.
    4-6 cm : 4.000
    5-7 cm : 3.000
    Induk : 15.
    Untuk informasi harga murah berkualitas silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545, kunjungi blog kami di www.mbenih.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman (10 meter selatan Honda AHASS)
    Datang….Lihat dan tentukan keputusan yang terbaik bagi anda…..

    Catatan :
    Cara mempersiapkan air kolam terpal/semen sebelum bibit ditebar :
    a) Masukkan air setinggi 20 cm dengan cara dipancurkan
    b) Tebar garam ikan/garam grasak 100 g / m2
    c) Diamkan selama 3 hari
    d) Tambah volume air sesuai ukuran bibit
    e) Masukkan pupuk urea 10 g / m2 atau pupuk organik cair dan katalis plankton (probiotik) yang mengandung bakteri nitro (Em4, Sell multi) dosis 10 ml / m2
    f) Diamkan selama 5 hari sampai air berubah warna bening kehijauan dan bibit siap ditebar.

    BalasHapus
  33. Saya mau tanya alamat lengkapnya. kalo bisa no tlpnya. sangat tertarik sekali dengan memelihara lele sangkuriang itu.
    makasih banyak ya atas blognya yg nyediain kotak pesan.

    Saya tunggu ya infonya.

    terim kasih

    BalasHapus
  34. saya berminat untuk belajar mengenai ternak lele.mohon info tentang pelatihannya.alamat saya arry.ardiansyah@yahoo.com.terimakasih

    BalasHapus
  35. pa saya berminat untuk melakukan pembudidayaan lele sangkuriang.
    boleh minta info untuk pelatihan lele sangkuriang daerah bandung?
    ronaldowilliaml62@gmail.com

    BalasHapus
  36. saya berminat untuk bljr ' tp alhamdulilah saya jg seorang petrnak lele dan saya lg bermasalah dgn pembibitan karna sering mati dan bbyk penyakit serta saya igin tahu cara mendapatka herbal ala pak letkol klo berkenan mhon memeberikan alamat pak nasrudin insya allah sudah lebaran saya mau ke bandung saya sendiri dari palembang email jusialviano@yahoo.com

    BalasHapus