SELAMAT DATANG DI BLOG FARM LELE SANGKURIANG DRAMAGA

MAAF UNTUK SEMENTARA LELE OFF DULU

animasi

Selasa, 30 Maret 2010

Baung dan Patin Dibiakkan dengan Suntik

Dinas Pertanian Kota Palembang berhasil mengembangbiakkan dua jenis ikan sungai, yakni baung dan patin, dengan cara menggunakan metode penyuntikan hormon. Dengan cara seperti ini, para petani ikan di Kota Palembang dan sekitarnya bisa mendapatkan kedua jenis bibit ikan tersebut dengan mudah dan harganya terjangkau.
Demikian dikatakan Kepala Dinas Pertanian Kota Palembang Masriadi, Rabu (4/2). Dia menjelaskan, pemerintah memiliki kawasan pembibitan ikan baung dan patin yang berlokasi di Kelurahan Soak Bujang, Kecamatan Gandus. Saat ini pengelola kawasan tersebut sudah berhasil mengembangkan ribuan bibit ikan yang siap tebar.

”Selama dua tahun terakhir ini kami terus melakukan uji coba pengembangbiakan. Akhirnya kami berhasil mengembangbiakkan kedua jenis ikan itu,” kata Masriadi.

Masriadi mengakui sampai sekarang Dinas Pertanian baru bisa mengembangkan dua jenis ikan. Meski demikian, bukan tidak mungkin akan dilakukan penelitian sekaligus uji coba terhadap jenis-jenis ikan yang lain. Dia juga menjelaskan, ikan patin dan baung tersebut sengaja dikembangbiakkan karena banyak dibutuhkan masyarakat sebagai konsumsi makanan.

Di kawasan pengembangbiakan pemerintah tersebut, kata Masriadi, terdapat sekitar 5.000 bibit baung dan patin. Menurut dia, pemerintah menerapkan metode penyuntikan hormon terhadap kedua jenis ikan tersebut sampai menghasilkan pembiakan sendiri.

Menurut dia, pengembangbiakan ini dilakukan dengan tujuan untuk memudahkan petani ikan keramba di Kota Palembang dalam mendapatkan bibit. Selain mudah, petani ikan juga bisa membeli dengan harga yang lebih murah.

”Dalam sistem perikanan sungai, kendala yang terus dihadapi petani terkait dengan mahal dan sulit dalam memperoleh bibit ikan berkualitas. Pemerintah ingin membantu petani ikan dalam mengatasi persoalan ini,” katanya.

Dari sungai

Masriadi mengatakan, induk ikan baung dan patin yang dapat dikembangbiakkan di kawasan tersebut berasal dari tangkapan ikan Sungai Musi. Hal tersebut dilakukan agar karakter dan sifat peranakan yang dihasilkan nantinya sesuai dengan tempat pemeliharaannya, yakni di sepanjang keramba sungai.

”Perlu diketahui bahwa sebagian besar petani ikan di Kota Palembang dan sekitarnya ini kan menggunakan media sungai sebagai tempat membesarkan ikan dan keramba sebagai tempat penangkarannya,” katanya.

Bagi para petani ikan yang ingin mendapatkan bibit ikan patin dan baung, Masriadi mempersilakan untuk datang sekaligus membeli di Dinas Pertanian Kota Palembang. Untuk harganya, bisa dikonfirmasi langsung ke pengelola pembiakan.

Setelah baung dan patin, Masriadi menuturkan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan mengembangkan bibit ikan lele dan gurami. Sementara ini jenis lele dan gurami masih dipesan dari luar Palembang.

Sumber : Kompas (2009)

1 komentar:

  1. Menyediakan berbagai macam buku-buku peternakan dari berbagai penerbit.
    Toko Buku Online kami memiliki koleksi buku peternakan terlengkap hingga puluhan ribu buku.
    Silahkan kunjungi toko kami untuk memesan buku-buku peternakan disini:
    Pemesanan via FB : https://www.facebook.com/BukuOnlineIndonesia
    Pemesanan via SMS : 0852.57090.372

    BalasHapus